TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

BAGI-BAGI INFORMASI

Bengkel Motor Honda dengan AHASS

Bagaimanakah cara untuk membuka bengkel AHASS?
Jangan salah sangka, kalau membuka bengkel AHASS itu kelihatannya biayanya mahal dan prosedurnya sulit. Ternyata menurut, AAN Pranacitra, AHASS Development Manager PT Wahana Makmur Sejati (PT WMS), hanya dengan uang Rp 50 juta pun bisa membuka bengkel AHASS. Tentu saja hitungan angka itu di luar perhitungan tempat atau gedung. Dengan investasi awal Rp 50 juta, untuk bengkel pemula setidaknya membutuhkan 2 tenaga mekanik dan 1 tenaga untuk front desk (pendaftaran). Untuk memenuhi standar pelayanan yang telah ditetapkan seluruh jaringan AHASS memiliki standar fasilitas fisik yang sama yaitu front desk, bike lift, piping system, exhaust system dan oil drain. Peralatan yang didapatkan melalui pemesanan ke PT Astra Honda Motor (AHM) seperti bike lift dan peralatan lain yang diluar tidak tersedia. 2 set back lift dibutuhkan biaya sekitar Rp 15 juta, kemudian compressor, mesin gerinda, dan alat pendukung lainnya sekitar Rp 10 juta. Sisa Rp 25 juta bisa digunakan untuk pembelian peralatan administrasi dan spare parts yang fast moving dan suku cadang lainnya sesuai kebutuhan. Dengan demikian, jika telah memiliki lokasi yang strategis lolos mapping dan gedung minimal berukuran 5 x 13 meter persegi kapasitas 3 pit. Pasalnya, untuk membuka bengkel AHASS tidak dipungut biaya apapun. Bahkan pihak PT AHM melalui main dealer akan memberikan desain interior, eksterior, training bagi mekanik secara gratis serta jaminan keaslian suku cadang Honda (Honda Genuine Parts).
Namun orang sering salah kaprah, menganggap kalau desain interior dan eksterior yang megah itu biayanya mahal. Padahal desain interior dan eksterior itu adalah free dari Astra melalui main dealernya. Termasuk, pajak eksterior tahun pertama,” ungkap AAN Pranacitra.

Bukan Franchise
Sistem yang diberlakukan pun bukan sistem franchise yang mengharuskan investor membayar manajement fee atau franchise fee, melainkan hanya sistem kerjasama pembukaan bengkel. Dibukanya bengkel AHASS, bertujuan sebagai pendukung meningkatnya penjualan motor Honda atau sebaliknya menjadi salah satu pemacu angka penjualan. Prosesnya, calon investor yang mengajukan permohonan kerjasama pembukaan bengkel AHASS kepada main dealer. Kepastian jawabannya, hanya perlu menunggu 3 hari untuk mengetahui penawarannya dikabulkan atau tidak. Jika dikabulkan, setelah melalui proses survei dan mapping lokasi, secara konservatif selama 3 bulan pertama calon bengkel AHASS itu bakal dibina dan diawasi oleh main dealer hingga resmi menjadi bengkel AHASS.
Kompensasinya, lanjut Aan, desain interior dan eksterior gratis dengan pajak ekstererior tahun pertama gratis. Sementara pajak eksterior tahun selanjutnya disubsidi oleh PT AHM sebesar 75 persen, jadi bengkel AHASS hanya membayar 25 persen. Besar pajak eksterior tergantung kelas jalan, apakah termasuk jalan utama atau bukan. Setelah resmi menjadi bengkel AHASS, pengontrolan tetap dilakukan. Baik itu dalam hal manajemen perbengkelan, kualitas pelayanan, hingga kebersihan kecuali keuangan bengkel itu. Bahkan tiap tahun disediakan reward bagi bengkel terbersih dengan hadiah liburan. Tidak hanya itu, jika bengkel sepi, maka main dealer akan membantu pemecahannya.
“Kalau bengkel sepi ada kepedulian dari main dealer, sepi khan banyak faktor, bisa manusianya, lokasinya, atau unsur promosinya nggak ada,” papar Aan.
Jika pemilik bengkel tidak konsen menjalankan bisnisnya, maka akan diberi peringatan keras. Apalagi, jika bengkelnya memiliki potensi yang menjanjikan. Ini kaitannya dengan pelayanan terhadap pelanggan. Kondisi seperti ini hanya mengakibatkan kerugian kepada pelanggan, karena tidak mendapatkan pelayanan optimal. Akibatnya, dalam hal ini reputasi AHM dipertaruhkan. Bahkan sangsi terberat kontrak kerjasama bakal dicabut demi menjaga kredibilitas bengkel AHASS.
“Kalau orangnya nggak konsen akan kita tegor mereka, kita arahkan mereka. Bahkan apabila lokasinya cukup potensial, jika ada orang lain yang mengajukan untuk menjadi ahass, maka lokasinya akan mendekatin lokasi pemilik bengkel yang tidak konsen. Sehingga merangsang munculnya jiwa kompetitif secara sehat. Jika tidak maka kontrak akan kami cabut. Bisnis bengkel cukup menjanjikan. Apalagi bengkel AHASS yang telah memiliki reputasi tinggi. Kesulitan dalam bisnis bengkel, menurut Indra, pada pencarian tenaga SDM. Guna mengantisipasinya, Sebaiknya kita merekrut tenaga mekanik yang baru lulus STM dengan usia 20-21 tahun. Alasannya, usia remaja seperti ini mudah mnyerap materi training dalam hal peningkatan skill ataupun peningkatan kualitas kepribadian. Sehingga, pembentukan karakter karyawan tidak terlalu mengalami kesulitan. Berbeda dengan merekrut pegawai dengan usia lebih tua, maka akan lebih sulit untuk menggemblengnya.
Letak keberhasilannya tidak hanya terletak pada mekanik saja. Melainkan, ketersediaan suku cadang, selalu komunikasi dengan konsumen ketika ada penggantian suku cadang, serta pelayanan yang ramah. Setiap mekanik, dituntut tidak hanya mengerti tentang mesin, melainkan juga mampu melayani pelanggan dengan ramah.
“Dalam perawatan ada spare parts yang harus diganti maka harus dengan persetujuan konsumen. Jadi mekanik, tekniknya harus bagus, suku cadang pun harus komplet, asal ke bengkel ini semua sudah beres. Pelayanan ramah kepada customer,”

Syarat untuk membuka bengkel AHASS
1. Lahan dan gedung minimal seluas 5 x 13 meter
2. Lokasi lolos survei dan mapping dari pihak main dealer
3. Menyediakan 2 orang mekanik, secara etis mekanik yang direkrut bukanlah dari bengkel AHASS lain. juga menyediakan 1 orang front desk.
Kompensasi yang didapatkan
1. Desain interior dan eksterior gratis
2. Training bagi mekanik, PMT 1 dan PMT 2 gratis di pusat pelatihan Astra
3. Jaminan keaslian suku cadang Honda Genuine Parts (HGP) dengan diskon dan dijual dengan Harga Eceran Tertinggi (HET)
4. Mendapatkan pengawasan dan pembinaan dari main dealer kecuali dalam hal keuangan.

* Sumber di Tabloid Peluang Usaha (2006)

3 komentar:

Motor Matic mengatakan...

Artikel yang bermanfaat lumayan buat nambah pengetahuan dan salam kenal dari Motor matic injeksi irit harga murah

Unknown mengatakan...

Minat sih
tpi gi cari modal way bikin tempat & modalnya

Unknown mengatakan...

Untuk tempat samping jalan pantura
dan dekat sekolahan
Untuk AHHAS blom ada
cm ada YSS

Posting Komentar

Label

free counters